--->you already visited carapandangku.blogspot.com<---

Pages

13 Juni 2011

Top 10 Misteri Yang Ada Di Luar Angkasa

Sejak awal kehidupan, manusia telah melihat bintang-bintang denga rasa kagum. Antara dulu dan sekarang, banyak kemajuan telah dibuat di bidang astronomi, matematika, dan fisika dalam upaya untuk menjelaskan hal-hal yang kita lihat diatas, namun semakin kita percaya dan kita mengerti, semakin rasanya yang kita tahu. Alam semesta menunjukkan kepada kita betapa kecilnya kita sebenarnya, dan di tempat yang begitu besar, apakah benar-benar masuk akal untuk percaya bahwa kita sendiri? Disini saya akan paparkan top 10 besar misteri yang ada di luar angkasa.




1. Simulacrum in Eagle Nebula



Salah satu foto aneh yang pernah diambil dari ruang angkasa adalah Nebula Eagle. Foto itu sendiri awalnya digunakan untuk menunjukkan kelahiran bintang dari awan gas. Namun, ketika foto itu ditampilkan di CNN, ratusan pemberitahuan datang dari penonton bahwa mereka bisa melihat wajah dalam awan di foto tersebut. Bila warna foto itu disesuaikan, sesuatu yang bentuknya seperti manusia besar akan terlihat dalam awan. Ilmuwan belum mampu menjelaskan fenomena ini.

2. Darimanakan Galaksi Itu Berasal?




Ilmu pengetahuan memang sudah mampu menjelaskan dimana bintang dan planet-planet di dalam alam semesta berasal. Sekarang,  para ilmuwan telah mengalihkan perhatian mereka pada suatu misteri yang jauh lebih besar, dari mana galaksi berasal? Yang mereka ketahui adalah bahwa galaksi tidak tersebar secara acak di seluruh ruang angkasa, tapi dalam kelompok yang dikenal sebagai "super clusters" atau kelompok super besar. Para ilmuwan memiliki dua teori utama untuk mencoba menjelaskan pembentukan galaksi. Pertama, gas yang tersisa dari ledakan besar berkumpul bersama-sama untuk membentuk galaksi, di mana bintang-bintang dan planet lahir. Kedua adalah bahwa gas dari ledakan besar tersebut (big bang) menciptakan bintang dan planet-planet di seluruh alam semesta, dan mereka bermigrasi melalui gravitasi ke galaksi. Namun teori tersebut belum bisa diterima secara universal.




 

3. Bumi Yang Lain (Adakah?)


Bintang dan matahari, hanyalah salah satu dari triliunan benda yang ada di alam semesta. Kita tahu bahwa kita memiliki delapan planet. Pernahkan kita berfikir di tempat yang jauh sana entah di mana itu akan ada planet tempat kehidupan juga? Apakah bumi hanya satu-satunya planet yang ada kehidupan? Ini adalah kenyataan bahwa, sejak tahun 2000, ratusan planet diluar tata surya telah ditemukan mengorbit bintang-bintang jauh. Beberapa telah ditemukan selain bumi yaitu planet Gliese 581d, sebuah planet yang diyakini memiliki air cair di permukaannya. Mungkinkah berisi kehidupan? Semoga dengan kemajuan teknologi pada dekade berikutnya, kita akan segera tahu jawabannya. Sampai kemudian, ini akan tetap menjadi salah satu misteri ruang angkasa yang terbesar.


4. Apakah Ada Ruang Semesta Yang Lain?


Ini adalah salah satu argumen
yang lebih kontroversial di luar sana. Teorinya adalah bahwa ada jumlah tak terbatas alam semesta, masing-masing yang diatur oleh hukum fisika. Banyak ilmuwan menolak argumen ini sebagai tidak lebih dari spekulasi, karena tidak ada bukti atau hukum matematika yang memungkinkan untuk keberadaan alam semesta lain. Namun demikian, penganut teori ini berpendapat bahwa tidak ada satu pun yang membuktikan alam semesta juga hanya satu. Ini adalah salah satu misteri yang hanya dapat diatasi jika kita mampu pergi ke batas alam semesta. Namun mengingat luasnya alam semesta, sepertinya manusia tidak akan pernah menemukan jawabannya.

5. Dark Matter





Persamaan Albert Einstein E = MC² mungkin adalah persamaan paling terkenal abad ini. Namun ketika diterapkan pada ruang angkasa, anomali terjadi. Ketika kita menggunakannya untuk menentukan seberapa banyak materi  yang dimiliki alam semesta, kita menyadari bahwa kita hanya menemukan empat persen dari materi di alam semesta! Dimana sisanya? Banyak yang percaya itu adalah dalam bentuk materi gelap atau yang disebut dark matter. Namun para ilmuwan belum menunjukkan bukti yang meyakinkan bahwa materi gelap itu memang ada. Fakta bahwa kita tidak bisa melihatnya, menyentuhnya, dan adanya gelombang cahaya dan radio pass membuat hal ini sangat sulit untuk dideteksi.

6. Mars


Ada yang berpendapat bahwa di planet mars terdapat kehidupan dan menuding NASA menutupinya. Banyak foto juga yang mengarah ke pertanyaan peradaban di Mars, seperti wajah di Mars, Piramida di Mars, dan foto seperti sosok kera duduk di atas batu di Mars. Sementara ini para ilmuwan mulai terpengaruh dengan foto-foto tersebut, mereka juga mengakui bahwa mereka percaya bahwa pada awalnya terdapat suatu cairan lautan yang menutupi permukaan Mars sebelum medan magnet menghilang. Apakah mungkin bahwa hidup memang pernah ada? Adakah yang ingin ke Mars untuk menyelidikinya? Mungkin anda atau anak anda kelak?


7. Penampakan uvo oleh NASA




Astronot NASA adalah beberapa orang yang sangat terlatih dan khusus di
bidangnya. Seringkali mereka adalah ahli ilmuwan yang dapat menjelaskan hampir semua hal. Jadi, ketika mereka melihat sesuatu yang mereka tidak bisa menjelaskan, maka akan menjadi pertanyaan orang-orang. Salah satu insiden yang paling terkenal terjadi pada siaran langsung di NBC pada tahun 1963. Mayor Gordon Cooper pada ke-22 kali perjalanan orbit solonya mengelilingi bumi, dia menyatakan bahwa dari salah satu jendela ia bisa melihat objek hijau menyala semakin dekat. Objek kemudian membuat belokan tajam dan menembak pergi. Dia yakin dia tidak sedang ber ilusi, radar di pesawat ruang angkasa pun mendeteksinya. Setelah kembali ke bumi para wartawan ingin menanyakan tentang hal tersebut, namun para pejabat NASA tidak mengizinkannya.

8. White Holes




Salah satu prestasi terbesar Albert Einstein terbukti, seperti matematika dan keberadaan lubang hitam (black hole). Dari kemajuan teknologi, kita sekarang telah mampu menemukan beberapa lubang hitam, dan salah satunya berada di pusat galaksi kita sendiri yaitu Bima Sakti. Selain itu juga dapat dibuktikan melalui persamaannya tentang keberadaan “White Holes”. Kebalikan dari lubang hitam, white holes (lubang putih) diyakini berasal dari sejumlah besar dari materi yang “meludah keluar” diantara lubang hitam (black hole) tersebut.

9. Reruntuhan di Bulan

Dari tadi kita telah membahas kemungkinan kehidupan di planet jauh, dan di planet yang cukup dekat. Bagaimana dengan satelit kita (bulan)? Ada teori yang menyatakan bahwa memang ada reruntuhan kuno dan bangunan di bulan, tetapi pemerintah telah menyensor” semuanya dari pandangan dunia. Teori ini tidak memiliki dukungan sampai dua terobosan baru-baru ini. Pertama seorang pria yang mengaku telah bekerja untuk pemerintah dalam mensensor foto bulan menjelaskan bagaimana sensor dilakukan dan bahwa memang ada bangunan di bulan. Baru-baru ini, ilmuwan mengumumkan mereka percaya bahwa mereka telah menemukan air, mungkin dalam es atau bentuk cair, di bawah permukaan bulan. Untuk teori konspirasi, ini semua bukti yang mereka butuhkan, sementara kritikus menganggapnya sebagai "spekulasi konyol".

1
0. Dark Energy (energi gelap)

 
Energi gelap adalah misteri terbesar di alam semesta saat ini, karena fakta yang diyakini di sekitar kita, dan itu menjelas
kan adanya anomali dalam hukum gravitasi. Menurut hukum gravitasi, benda besar seperti cluster galaksi, harus menarik satu sama lain, dan tarik gravitasi mereka harus menarik di obyek lain. Namun ini tidak terjadi, dan faktanya adalah mereka bergerak jauh terpisah. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa alam semesta berkembang pada tingkat yang luar biasa. Untuk menjawab pertanyaan mengapa hal ini terjadi, para ilmuwan mengembangkan teori Dark Energi, yang memiliki efek berlawanan gravitasi yaitu mendorong hal-hal yang terpisah. Namun mereka masih belum memiliki bukti yang meyakinkan, sehingga tetap misteri bagi kita.



Kata kunci yang berhubungan dengan artikel ini:

1 komentar:

  1. Numpang lewat yah min ^^

    HANYA DI OPPO POKER
    Yang Banyak Bonus nya..
    Ga percaya?? Coba dulu ajah.. biar ga penasaran...

    BalasHapus

Please Comment Here

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...