Pages

--->you already visited carapandangku.blogspot.com<---
8 Februari 2012

Bisnis atau Usaha Sampingan Yang Paling Menguntungkan (12 besar versi carapandangku)

Terpikirkah di benak anda unuk melakoni usaha sampingan diluar pekejaan utama anda? Hm, kalau iya, kira-kira usaha apa saja ya yang paling praktis dan bisa dilakukan pada saat waktu luang namun menghasilkan pendapatan yang lumayan? Hehehe, disini saya akan suguhkan beberapa jenis bisnis yang bisa dijadikan sebagai bahan refrensi anda berdasarkan hasil survey dan poling saya. Apa sajakah itu? hayuk langsung dilirik nyaakk..



Orang yang menjadi objek survey saya kebanyakan para wanita..  Kisaran umurnya adalah antara umur 21 tahun sampai 53 tahun. (so, maaf bila hasilnya kurang objektif ya..)

Okey langsung saja lihat urutannya sebagai berikut:

1. Bisnis Online

Hm, bisnis yang satu ini sudah mulai menjamur sejak awal abad 20an.. Semakin marak ketika adanya situs situs jejaring sosial yang bisa memfasilitasi antara si penjual dan si pembeli. Situs jejaring sosial yang dapat kita gunakan secara "gratis" membuat semakin idealnya bisnis ini khususnya di kalangan remaja putri, pemuda sampai ibu-ibu rumah tangga yang ingin "shopping" online tanpa harus keluar rumah. Transaksinya pun sangat mudah. Biasanya si-penjual menerima transfer via rekening bank dan barang yang diaksud akan segera diantarkan melalui jasa kurir setelah semua administrasinya diselesaikan. Dan jangan tanya berapa budget yang bisa anda dapat. Apalagi kalo sudah mahir "jualan" dan sudah memiliki jaringan yang luas.. Boleh dicoba.. :)

2. Usaha Kos-kosan



Tak perduli itu apakah kos-kosan putra atau putri.. Jika anda memiliki rumah di lingkungan sekolah, kampus atau perusahaan dan industri. Usaha ini juga sangat menjanjikan.. terlebih bila anda menambahkan usaha lain selain usaha "si-inang".. Misalnya usaha laundry atau katering.. Hm.. Sangat menjanjikan bukan?

3. Usaha Laundry



Pernahkah anda merasa bahwa 24 jam sehari itu terasa tidak cukup dikarenakan aktifitas anda yang segudang? bila demikian adanya maka hal-hal "kecil" yang seharusnya perlu "diperhatikan juga" maka akan terluput dari pantauan anda. Sibuk dengan aktifitas seharian tak terasa pakaian semakin menumpuk dan ujung-ujungnya anda malas mencuci baju (sudah kadung kebanyakan).. Nah, fenomena ini justru membuat peluang yang sangat baik bagi anda yang ingin mencoba usaha sampingan ini.. Usaha ini terbukti efektif khususnya di lingkungan kos-kosan oleh budhe saya.. Sekarang usahanya semakin maju dan sudah memiliki cabang lho..

4. Katering



Membuat menu makanan sehari-hari bisa dijadikan sebagai lahan bisnis yang cukup menjanjikan. Memang usaha ini membutuhkan skill tersendiri. Yaitu memasak.. Lha iya mesti tho mbok dhe.. hehehe.. kalau anda termasuk wanita yang hobi masak, kenapa tidak mencoba bisnis ini. Apalagi bila anda berada di lingkungan "bujangan" atau komplek kos-kosan yang biasanya membutuhkan kepraktisan.. Boleh dicoba.. Karena omsetnya tidak bisa dianggab remeh. Bila anda tekuni bisa mencapai puluhan juta perbulan. Tertarik?

5. Usaha Kue/ Camilan 



Bila kita datang ke sebuah jamuan makan malam atau hanya sekedar undangan teman atau bertamu ke tempat kerabat, tentu suguhan makanan kecil dan teh atau minuman manis lainnya jarang ketinggalan. hal ini membuktkan makanan kecil dan camilan sangat populer. Bila anda memiiki skil bidang ini, mengapa tidak anda coba? selain menerima pesanan anda juga dapat menjual dengan perantaraan (kaya rumah aja ya.. hihihi).. Lumayan bukan?

6. Event Organizer (EO)


Anda adalah seorang yang memiliki jaringan yang luas? anda pandai bersosialisasi? waktu kerja anda fleksibel? Usaha ini mungkin sangat cocok untuk anda.. EO adalah sebuah usaha jasa yang bertujuan untuk mempermudah orang menyelenggarakan suatu kejadian atau acara, seperti pameran, ulang tahun, seminar, pernikahan konser, dan lain sebagainya. Menggunakan jasa EO memang sudah tidak asing lagi baik di kalangan perkotaan atau pedesaan. Usaha ini cukup menjanjikan (terbukti saya memiliki teman yang memiliki usaha EO bersama teman "se-gank" nya-walaupun belum terkenal namun perkembangannya sangat pesat menurut saya).. Recomended dari saya untuk anda yang berjiwa "friendly".

7. Usaha Jahitan, Bordir dan T-shirt Printing


Bila anda memiliki keterampilan menjahit atau  bordir atau digital printing untuk kaos.. Usaha ini sangat cocok untuk anda.. Apalagi di tambah anda merupakan pribadi yang selalu up to date dalam hal mode dan fashion. Bagi kalangan anak muda (katanya), bila kita bertemu seseorang yang memakai baju yang sama dengan kita (selain seragam) tengsinnya minta ampun (bener gak sih? hehe..). Untuk itu sudah tidak asing bagi remaja-remaja metropolitan memiliki "pakaian" ala "limited edition" walaupun bukan pakaian yang bermerk namun tidak ada yang menyamainya.. Kaos couple juga masih digemari oleh pasangan yang lagi fallin "berat" in love.. betul kah yang saya katakan ini? buktikan dulu sebelum anda terjun< tapi yang jelas, saya sudah surfey duluan loh.. hehehe..

8. Bisnis Studio Foto atau Video Shotting



Jenis-jenis yang begini memang harus memiliki keahlian khusus dan "jaringan yang luas". Bila anda merasa berat, mulailah dengan skala yang terkecil. Misalnya sunatan tetangga, nikahan kampung sebelah.. Dengan kemampuan anda berpromosi dari mulut kemulut dan bila memang kualitas usaha anda ini jempolan, dengan sendirinya usaha anda akan segera melesat ke atas.. Untuk studio foto atau pengambilan gambar outdoor lainnya, bisa ditambahkan juga dengan jasa editing foto.. Ketahuilah, tidak semua orang yang memiliki keterampilan yang demikian seperti anda, dan jangan lupa untuk selalu belajar dan up to date informasi anda mengenai perkembangan teknologi di sekitar anda. Usaha ini sangat menjanjikan apalagi untuk daerah yang "belum terjangkau". Saya termasuk fans jenis usaha ini dan ingin melakoninya.. Bagaimana dengan anda?

9. Usaha Pulsa??


Hehehe.. Berhubung ini hasil surfey saya jadi saya harus objektif untuk memasukkannya ke dalam daftar ini.. Eit, tapi tunggu dulu.. Jangan dipandang sebelah mata juga ni usaha yang satu ini.. Gini deh simpelnya aja, pernahkah anda merasa malas untuk pergi ke counter pulsa (bisa aja jaraknya 800 meter dari tempat anda). Atau pernahkan anda lagi kepepet butuh pulsa buat nelpon si doi tapi gak ada duit (ini biasanya terjadi pada mahasiswa nih, saya pernah merasakannya karena saya pernah jadi mahasiswa juga, hihihi).. Kalo punya sms-banking ya mungkin akan gampang.. Lha kalo gak punya? (Perlu diinformasikan disini bahwa biasanya anak kos-kosan atau Mahasiswa tidak semuanya punya "sms banking").. Haha.. Kemanakah mereka pergi? Hm.. Bisa dijawab sendiri kan.. Makanya usaha ini juga oke punya tuh.. Tapi risiko nya juga tentu ada. Menghadapi pelanggan-pelanggan bandel yang suka nunggak itu mah sangat mungkin terjadi bagi anda yang menggeluti usaha ini. (terbukti pada teman saya, hehehe).. namun bila anda bisa melakoninya dengan baik, maka usaha ini sangat menjanjikan juga lho..

10. Warung kopi 


Usaha ini juga tidak kalah menarik.. Pernahkah anda melihat warung yang bukanya hanya di malam hari sampai pagi. Makanan yang biasanya tersedia adalah mie instant, berabagai makanan ringan, kue atau jajanan, bubur kacang hijau dan ketan hitam, dan tak lupa teh, kopi instant, kopi susu atau bisa juga kopi tubruk.. Hm.. jangan salah, usaha ini bila dilakukan di tempat yang tepat omsetnya bisa membuat mata anda terbelalak tidak peraya..

11. Menulis



Anda memiliki keterampilan menulis artikel, atau cerpen, dan lain sebagainya? Mengapa tidak menjadi sesuatu yang bisa menghasilkan uang? (saya punya seorang teman yang suka menulis, semoga dia juga baca artikel saya yang ini.. hehehe..: "Puj, jangan cuma nulis di blog aja, sekali-kali komersilkan po'o Puj.."). Menulis merupakan kegiatan yang sangat menguntungkan bila tulisan anda tersebut kredibel tentunya. Contohnya adalah J.K Rowling yang seorang ibu umah tangga, karena kegiatannya menulis Harry Potter, kini dia menjadi wanita berpendapatan terbesar pada tahun 2005 melebihi ratu Elizabeth II.. Hayoh.. Tertarikkah anda?

12. Usaha Sanggar Senam



Tubuh yang sehat dan segar bugar merupakan dambaan semua orang. Hal ini bisa anda dapatkan dengan berolahraga.. Salah satu jenis olahraga yang biasanya menjadi favorit adalah senam. Entah itu jenis senam apapun yang jelas setiap senam memiliki fungsi tersendiri bagi tubuh.. Nah, apakan anda adalah seorang pecinta senam? Bila iya, maka peluang usaha ini sangat prospektif bagi anda. Bila anda melakoninya dengan benar, selain badan bugar, anda juga bisa memiliki sanggar senam sendiri. Dan tentu saja untuk menjadi seorang instruktur senam anda harus memiliki pengalaman dan mengikuti berbagai kursus dan seminar yang berhubungan dengan anatomi tubuh. Usaha ini termasuk menjanjikan (trimakasih buat "mbak Zac" yang memulai usaha sanggar senam dari nol, yang sudah jadi inspirasi untuk menambah refrensi artikel ini)..


Demikianlah artikel kali ini dari saya.. Pesan saya adalah jangan takut untuk mengembangkan talenta yang sudah Tuhan berikan kepada kita, karena semua yang diberikan itu adalah baik adanya dan akan mendatangkan kebaikan pula bagi kita. So jangan pernah takut untuk mencoba..

Salam,
Sisca


Sumber:
Hasil Survey Tanya Jawab
Hasil Survey Polling
Buku Karya Ajen Dianawati (20 usaha sampingan paling menguntungkan tahun 2006)
Berbagai sumber

5 komentar:

nomor 81 mengatakan...

blog yg menarik dan smoga byk yg mengunjungi..:) terima kasih

Berita Klaten mengatakan...

Inspiratif sekali artikelnya, referensi lain mungkin bisa baca artikel berikut;
5 Jenis Usaha atau Bisnis UKM yang Menjanjikan

Butik Baju Senam mengatakan...

trims infonya sis
untuk membuat sanggar senam biayanya sekitar berapa ya?
dan apakah sista mengetahui tentang baju senam murah di derah surabaya? tq

salam kenal :)

nur azizah mengatakan...

Wahhh Artikelnya bermanfaat sekali ya?
Apakah sis tau dimana Sanggar senam terfavorite di daerah Surabaya
Dan mohon infonya,Dimana ya Toko baju senam terbaru yg lagi trend saat inidi daerah Surabaya dan Sekitarnya?
Trims :)

Khoirun Nasikhin mengatakan...

Gan EO nya gan saya pengen jadi membernya gimana caranya yaa? pengen pengetahuan luas tentang ivent2 nih,, hehe
oh ya Gan klo mau mengadakan kompetisi senam yang berjudul "baju senam terbaru merk Crystal" untuk kebugaran misalnya perlu dana berapa yaa? makasih :)

Posting Komentar

Please Comment Here

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...