--->you already visited carapandangku.blogspot.com<---

Pages

9 Maret 2012

Catatanku: Sasirangan (Kain Khas Banjar Unik)

Kain sasirangan merupakan kain khas suku banjar yang ada di Kalimantan Selatan.. Motif yang khas membuat kain ini termasuk kain yang sering dicari para kolektor kain hingga kolektor mancanegara..









-000-

Kali ini dalam catatan saya yang sederhana saya hanya ingin share sedikit saja mengenai kain ini.. Berawal dari ide saya untuk memberika kepada dosen saya kain sasirangan (karena khas banget dari banjar)... Akhirnya saya mulai hunting dan minta adek saya membelikan kain ini (berhubung saya waktu itu masih di Malang).. Motifnya bermacam macam.. Dan tiap motif itu ada artinya tersendiri lho..


Nama-nama motifnya adalah:
  1. Iris Pudak
  2. Kambang Raja
  3. Bayam Raja
  4. Kulit Kurikit
  5. Ombak Sinapur Karang
  6. Bintang Bahambur
  7. Sari Gading
  8. Kulit Kayu
  9. Naga Balimbur
  10. Jajumputan
  11. Turun Dayang
  12. Kambang Tampuk Manggis
  13. Daun Jaruju
  14. Kangkung Kaombakan
  15. Sisik Tanggiling
  16. Kambang Tanjung
Sasirangan itu sendiri dibuat dengan cara teknik tusuk jelujur kemudian diikat tali rafia dan selanjutnya dicelup pada perwarna khusus.. Kain yang dipake juga bermacam-macam.. Bisa katun, semi sutera sampai sutera asli.. Harganya juga bervariasi dimulai dari 50 ribuan permeter hingga 200 an ribu permeter, bahkan ada yang lebih mahal lagi (pastinya tergantung kualitas kain dan bentuk motifnya)..

Lokasi pembuatan kain sasirangan itu sendiri yang terbesar berpusat di Kampung Sasirangan Banjarmasin.. Dan (setahu saya) distributor terbesar kain sasirangan itu adalah Sahabat Sasirangan (bener gak yah.. hehehe).. Saya taunya sih begitu karena setahu saya cabangnya sudah ada dimana-mana dan pelanggannya tidak hanya wisatawan lokal namun juga mancanegara..


Jenis kain yang begini ini justru nilai seninya sangat tinggi, sehingga kita patut berbangga hati karena memiliki negara dengan hasil warisan budaya kita.. dan tidak ada salahnya juga jika kita memiliki salah satu dari sekian banyak jenis kain yang merupakan warisan budaya tersebut.. (misalnya batik, sasirangan, ulos, dll)...

3 komentar:

Please Comment Here

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...