--->you already visited carapandangku.blogspot.com<---

Pages

12 April 2011

Top 10 Fenomena Alam Terdahsyat di Dunia


Ini adalah 10 fenomena menakjubkan yang terjadi di dunia..
langsung aja liat ya para pembaca.. keren deh..






1) Terraces Pink and White
Terraces Pink and White terletak di Selandia Baru, dianggap sebagai salah satu dari "Delapan Keajaiban Dunia" ketika itu. Namun pada 10 Juni 1886, jam 03:00 sebuah gunung berapi yang bernama Mt Tarawera meletus dengan keras mengeluarkan lumpur panas, batu-batu merah dan awan panas besar abu hitam. Beberapa jam kemudian, desa disekitarnya yaitu  Maori Moura dan Te Ariki telah dilapisi dengan lapisan lumpur cair, batu dan abu. Letusan Gunung Tarawera yang adalah letusan yang paling dahsyat dan merusak letusan gunung berapi Selandia Baru dalam sejarah. Gunung Tarawera terletak 30 km dari Rotorua di tengah-tengah kawasan Pulau Utara vulkanik-termal. Letusan ini menyebabkan sekitar 153 kematian. Dan menyebabkan Terraces Pink and White pula ikut terkubur.



 
 2) Gua dari Kristal
Dalam gua tersebut terbuat dari “Giant Crystal” yang terhubung dengan Tambang Naica 300 meter di Chihuahua, Meksiko. Berisi kristal Selenite raksasa, yaitu kristal alam terbesar yang pernah ditemukan. Gua kristal terbesar ini mempunyai ukuran dengan panjang  11x 4 m dengan diameter dan berat 55 ton. Sedangkan gua nya memiliki luas 27x9 m. Gua ini sangat panas dengan suhu udara mencapai sampai 58 ° C dengan kelembaban 90 sampai 100 persen. Dengan suhu tersebut  membuat gua ini belum pernah diselidiki karena suhu ekstrim dan kelembabannya yang tinggi. Bayangkan saja, bila tanpa alat pelindung yang tepat, seseorang hanya bisa bertahan kurang lebih sepuluh menit dalam gua ini.

 

3) Lightning Catatumbo
Lightning Catatumbo adalah sebuah fenomena atmosfer di Venezuela. Sering  terjadi di area yang berlokasi di daerah Sungai Catatumbo yang bermuara Danau Maracaibo. Lightning Catatumbo berasal dari massa awan badai yang menciptakan busur volta pada ketinggian lebih dari 5 km, selama 140-160 malam setahun, 10 jam per hari dan hingga 280 kali per jam. Ini terjadi atas dan di sekitar Danau Maracaibo. Namun etelah muncul terus menerus selama berabad-abad, petir tidak terlihat lagi selama beberapa bulan pada bulan Januari - April 2010. Apakah sudah tak akan tampak lagi, masih belum dapat diprediksi. 

 











 
4) Pilar Cahaya

Sebuah pilar cahaya adalah suatu fenomena visual yang diciptakan oleh pantulan cahaya dari kristal es ke permukaan planar horisontal paralel. Cahaya bisa datang dari matahari (biasanya pada atau rendah dari awan). Fenomena ini disebut pilar atau pilar surya matahari. Hal ini juga bisa berasal dari bulan atau dari sumber-sumber terestrial seperti lampu jalan.

 
 










5) Penitentes

Penitentes atau penitentes Nieves, adalah pembentukan salju yang ditemukan di ketinggian. Berbentuk bilah2 tipis yang tinggi terbuat dari salju yang mengeras mengeras dan menyerupai pisau.  Berorientasi pada arah umum dari matahari. Terdiri dari berbagai ukuran dari beberapa cm hingga lebih dari lima meter. Penitentes pertama kali diuraikan dalam literatur oleh Darwin pada tahun 1839. Pada tanggal 22 Maret 1835, ia harus menekan jalan melalui Penitentes dekat Pass Piuquenes, dalam perjalanan dari Santiago de Chile ke kota Mendoza Argentina. Menurut masyarakat sekitar, Penitentes dibentuk oleh angin yang sangat kuat yang bernama angin Andes.


 







6) Boulders Moeraki


The Boulders Moeraki adalah sejumlah batu bulat besar, ditemukan berserakan di sepanjang hamparan Pantai Koekohe daerah Moeraki, sebuah pemukiman kecil di selatan Hampden di pantai Otago Selandia Baru. Bebatuan “concretions septarian” yang berwarna abu-abu yang telah terpapar melalui erosi garis pantai dari batulumpur hitam tebing pesisir pantai itu awalnya dibentuk dalam sedimen dasar laut kuno jaman Paleosen awal sekitar 60 juta tahun yang lalu. Batu-batu ini memiliki berat beberapa ton dan diameternya bisa sampai tiga meter.


 
7) Sun Dog

Sun Dog atau Sundog merupakan fenomena atmosfer yang menciptakan titik terang cahaya di langit, serupa  sebuah cincin bercahaya yang menyapa di kedua sisi matahari. Sundogs mungkin muncul sebagai “patch” berwarna cahaya ke kiri atau kanan matahari. Dapat dilihat di mana saja di belahan dunia, tetapi tidak selalu jelas atau terang.  Sundogs yang terbaik dilihat dan yang paling mencolok ketika matahari rendah.











8) Columnar Basalt
Berasal dari aliran lava yang menutupi sebagian besar Timur Washington dan bagian Idaho dan Oregon antara 12juta-17juta tahun yang lalu. Basal yang membanjiri lebih dari 13 kali ini sebagian ada yang menyusut 5-10% dan terpecah membentuk kolom-kolom, sdang sebagian lagi ada yang mengkristal. Namun tiap lapisan tidak beraturan. 



 
9) Red Tides

Red tide adalah suatu konsentrasi, yang terjadi secara alamiah lebih tinggi dari yang normal dari brevis ganggang mikroskopis Karenia. Organisme ini menghasilkan racun yang mempengaruhi sistem saraf pusat ikan sehingga mereka lumpuh dan tidak bisa bernapas. Akibatnya warna merahnya sering mengakibatkan ikan mati di pantai Teluk. Ketika ganggang merah pasang memekar, mereka terlihat seperti bagian air laut yang berwarna merah. Red Tide merupakan fenomena alam yang tidak disebabkan oleh manusia. Ketika suhu, salinitas, dan nutrisi mencapai tingkat tertentu, peningkatan besar dalam alga brevis Karenia terjadi. Tidak ada yang tahu kombinasi yang tepat dari faktor-faktor yang menyebabkan warna merahnya itu, tetapi beberapa ahli percaya suhu tinggi dikombinasikan dengan kurangnya angin dan curah hujan memnyebabkan hal itu bisa saja terjadi.





 
10) Ice Circle

Disc es / Disk atau Ice Circle adalah fenomena alam yang langka yang terjadi di dalam air yang bergerak lambat di daerah beriklim dingin. Merupakan lembaran tipis sebuah bentuk lingkaran sempurna dari es yang berputar perlahan-lahan di air. Hal ini diyakini bahwa mereka membentuk dalam arus “Eddy”. Terjadi di Skandinavia dan Amerika Utara. Sebuah disk es diamati di Wales pada bulan Desember 2008 dan dilaporkan di Inggris pada Januari 2009.































kata kunci yang berhubungan dengan artikel ini:
gambar menakjubkan, fenomen aalam menakjubkan, 10 kejadian aneh dunia, 10 fenomena aneh di dunia, gambar kejadian aneh, aneh tapi nyata, kejadian diluar dugaan, kejadian menarik dunia

8 komentar:

Please Comment Here

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...