Pages

--->you already visited carapandangku.blogspot.com<---
4 April 2012

Pohon yang Paling Mematikan di Dunia

Pohon pada dasarnya memiliki fungsi untuk menghasilkan oksigen. Nah bagaimana bila pohon tersebut selain menghasilkan oksigen, dia juga bisa menghasilkan racun yang bahkan bisa menyebabkan kebutaan, atau bahkan kematian?? Berikut profil pohon tersebut.. 





Yap, nama pohon tersebut adalah The Manchineel (Hippomane Mancinella) bisa ditemukan di Florida (AS), Kepulauan Bahama, Karibia, Amerika Tengah, dan utara Amerika Selatan..



Nama "mancinella" berasal dari bahasa Spanyol "Manzanilla" yang berarti "apel kecil" karena memang memiliki kemiripan pada dahan, daun dan buahnya yang seperti apel.





Namun bentuknya yang mungkin bisa dibilang imut tersebut tidak seperti dampaknya.. Rupanya pohon ini memiliki "toksin" yang berbahaya. Getah pada batangnya bersifat asam dan beracun, apabila kontak sedikit saja dengan kulit maka akan langsung melepuh.. 
 
Dan bila terkena ke mata, maka akan menyebabkan kebutaan..  
Bahkan berdiri di bawahnya saat hujan saja sudah cukup untuk membuat kulit seperti terbakar matahari karena kulit dibasahi oleh setiap air hujan yang mengandung getahnya.

Selain itu, satu gigitan kecil pada buahnya yang hijau ranum itu akan berakibat fatal bagi seseorang (bahkan bila terlambat menangani akan menyebabkan kematian). 

Kemudian timbul pertanyaan: "Kenapa enggak dimusnahkan saja? Dibakar saja pohonnya kan tidak kontak langsung dengan getahnya.."

Hoho.. ternyata apabila pohon tersebut di bakar maka asapnya itulah yang akan menjadi racun, dan bila mengenai mata seseorang maka akan terjadi kebutaan, dan bila terhrup maka akan keracunan.. Wah, wah...

 Koq medheni ngono rupone?!?! hehehe

1 komentar:

chie chocolatoz mengatakan...

tebang aja terus kubur..
bilangin gih..!! hahaa

Poskan Komentar

Please Comment Here

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...