Pages

--->you already visited carapandangku.blogspot.com<---
12 Agustus 2011

Arti Mimpi – Memahami Arti di Balik Mimpi Kita

Mimpi pada dasarnya dalah bunga tidur (kata nenek saya dulu). Tapi tahukah anda berdasarkan penelitian seorang ahli yang bernama Freud dalam bukunya Maeve Ennis dan Jennifer Parker, ternyata mimpi setiap orang bisa dikelompokkan menjadi beberapa tema umum. Dan dalam tema tersebut terkandung arti tersendiri.. Yuk kita cek langsung 23 tema umum mimpi seseorang dan arti dari mimpi tersebut..



Tema 1: Saat Ujian
Orang yang bermimpi mengalami sebuah ujian entah itu ujian sekolah atau pekerjaan atau apapun itu. Biasanya kita akan berada pada posisi gelisah. Entah ternyata kita belajar bahan yang salah, penguji yang amat sangat menyeramkan, atau bahkan ada kejadian memalukan pada saat berlangsungnya ujian.
Menurut Freud perasaan gelisah menandakan kita merasa tidak berhasil terhadap sesuatu yang ingin kita capai. Atau bisa juga berhubungan dengan rasa bersalah seksual di bawah sadar. Rasa malu yang dirasakan bila tidak bisa menyelesaikan ujian mewakili terwujudnya keinginan si pemimpi yang ingin dihukum karena telah melakukan sebuah penyimpangan seksual. Atau bila kita bermimpi ada kita sebagai penguji  itu menandakan ego kita yang besar. Bila dalam mimpi tersebut kita berhasil melalui ujian itu menandakan adanya suatu transisi dari hidup kita. Misalnya yang pemikirannya masih kekanak-kanakan biasanya akan menjadi lebih matang dan dewasa.


Tema 2 : Mimpi Telanjang di Muka Umum
Misalnya pas asyik jalan jalan ketika kita melewati etalase sebuah took… Alamakkk.. Koq gak pake baju?!?! Alhasil kita pasti m alu banget. Ini emang biasa terjadi dalam mimpi. Dan apa maknanya? Menurut Freud mimpi ini menunjukkan sebuah keinginan  untuk kembali pada sebuah periode yang lebih bebas dan lepas dari tanggung jawab kehidupan kita, atau gaya hidup yang lebih alami. Bila dalam mimpi kita ditertawakan, reaksi dari orang-orang tersebut adalah menunjukkan apa yang kita rasakan tentang kita sendiri terhadap “ketidak percaya dirian” kita sebagai mahluk seksual. Tapi bila di mimpi tersebut kita merasa pede atau bahkan bangga kita tak berpakaian memandakan kita suka mengekspose diri kita. Dan lain halnya bila kita telanjang pada saat berhubungan intim, ini menunjukkan reaksi seksual dari seseorang terhadap lawan jenisnya.


Tema 3 : Berubah Jenis Kelamin
Dalam mimpi tersebut kita tiba-tiba berubah menjadi laki-laki (untuk cewek) dan untuk cowok tiba-tiba berubah menjadi perempuan. Mimpi ini biasanya sangat mengganggu bahkan sampai terbawa ketika sudah bangun. Bila kamu cewek mimpi ini berarti bahwa kita perlu mengekplorasi sisi maskulin kita. Tapi bisa juga mimpi ini menandakan bahwa kita sebenarnya ingin menjadi laki-laki. Dan… kalo kamu cowok yang bermimpi menjadi perempuan, itu menandakan kamu sedang rindu dengan sosok seorang ibu dalam hidupmu.. entah itu memang merindukan ibu kandung sendiri. Bisa saja..


Tema 4 : Mimpi Gigi Tanggal atau Bahkan Rontok
Na, na, na.. Kalo ini biasanya yang heboh. Kalo kata orang dulu mimpi ini pertanda ada keluarga yang akan meninggal bila yag tanggal atau rontok itu gigi atas, bila gigi bawah maka berarti pembantu atau karyawan yang akan meninggal. Dan menurut pandangan secara logis gigi dalam mimpi ini berarti symbol dari kekuatan dan potensi diri. Orang yang bermimpi giginya lepas memiliki arti bahwa ia akan mengalami metafora atas hilangnya kekuasaan yang berangsur.  Dan wanita yang memimpikan giginya rontok mungkin juga berarti ketakutan ia akan penuaan pada dirinya.


Tema 5 : Mimpi Kedatangan Artis atau Orang Terkenal
Hehehe, saya paling sering mengalami mimpi yang ini. Biasanya saya didatangi oleh artis cewe ke rumah (mimpi yang terakhir rumahku kedatangan agnes monica, hihihi..). Dan biasanya kami menjadi teman akrab.  Bagaimana dengan anda? Hehehe apapun itu bentuknya yang jelas tema mimpi yang satu ini berarti pada setiap artis yang mengnjungi kita itu mewakili dari karakter kita atau mewakili beberapa aspek dari kepribadian kita sendiri. Karakter orang yang terkenal biasanya terlihat jelas (apalagi bila liat infotaiment biasanya) dan itu biasanya menjadi tolak ukur akan karakter dari diri kita sendiri. Atau bisa juga mimpi ini berarti karena kita merasa rendah diri terhadap apapun.


Tema 6 : Mimpi Binatang
Mimpi serangga artinya ada gangguan terhadap hal-hal kecil. Anjing berarti kekuatan yang terus bertumbuh dalam sebuah pertemanan atau malah sebaliknya pertemanan tersebut sedang bermasalah. Kucing berarti kemandirian. Tapi bisa juga feminitas. Bila yang dimimpikan adalah kucing liar ini menunjukkan energy feminine yang kuat, yang tidak ingin dijinakkan. Burung elang berarti si pemimpi mungkin melihat dirinya memiliki derajat yang lebih tinggi disbanding orang lain, atau bisa juga mimpi tersebut bermaknya meningkatnya kesadaran spiritual dan visi seseorang. Mimpi babi menunjukkan pola makan yang buruk atau keserakahan, atau bisa juga sebagai tanda metafora dari sifat keras kepala menjadi lebih melunak. Kalo mimpi kuda berarti mungkin gambaran penderitaan yang sering dialami,  tapi bila yang dimimpikan adalah kuda liar ini bisa bersifat kebebasan pergaulan seksual. Dan mimpi yang paling seringa dalah ular, ular mempunyai arti mewakili penyembuhan dalam bentuk emosional, spiritual , psikologis atau fisik anda.


Tema 7 : Mimpi Jatuh
Entah dari sepeda ontel atau terjatuh dari pencakar langit . Mimpi ini memiliki arti akan sebuah pengalaman yang tidak menyenangkan (mungkin akan hilangnya kehormatan, status, respek atau kontrol diri. Bila jatuhnya itu menyenangkan itu pertanda kita sedang menikmati hidup kita setelah mengalami masalah.



Tema 8 : Mimpi Terbang
Bisa pakai pesawat buatan sendiri atau kita punya sayap atau kita bisa melayang sendiri seperti kuntilanak mungkin. Hihihi.. arti mimpi ini adalah kita sedang berusaha mengatasi berbagai persoalan, atau bisa juga hasrat untuk mencapai kebebasan. Atau mimpi ini bisa juga berarti kita akan segera terkena penyakit.


Tema 9 : Mimpi Kematian
Menurut Freud mimpi ini merefleksikan keinginan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang telah meninggal. Atau bisa juga berarti cara dimana seseorang mulai membuang beberapa aspek dalam hidupnya  dan maju ke depan.





Tema 10 : Mimpi kita yang mati?
Agak ngeri juga mimpi ini. Dan kebanyakan sampai bangunpun kita akan terhantui dengan mimpi ini. Arti dari mimpi ini adalah sebuah peringatan bagi kita! Untuk memaknai kembali hidup kita yang sudah dianugerahkan.  Biasanya orang yang bermimpi ini hidup normalnya mulai menyimpang dan itu membuat hati kecilnya berkerja untuk mengingatkan pada saat badan tidak sadar..


Tema 11 : Mimpi Melahirkan
Dalam mimpi kita terbawa pada pengalaman sulit untuk melahirkan, namun pada saat bayi lahir kita merasa lega sekali… menurut Freud mimpi ini berarti dalam waktu dekat kita akan menemukan suatu motovasi atau ide baru yang diterima oleh orang disekitar kita! Kabar yang baik.. Atau bisa juga menandakan suatu kerja keras untuk membuat suatu proyek baru.


Tema 12 : Mimpi Melihat Kereta Api, Pesawat terbang atau kenddaraan lainnya seperti mobil, perahu dsb
Bermimpi mobil mewakili kepribadian kita bisa dilihat dari bagaimana keadaan mobilnya?
Bermimpi Kapal mewakili (simbol) dari tubuh . atau bisa juga mewakili rahim wanita.
Bermimpi kereta api mewakili organisasi yang kita ikuti. Relnya berarti kelangsungan hidup organisasi, keadaan gerbong merupakan symbol di dalam badan organisasi tersebut.
Bila mimpinya tentang pesawat terbang berarti cita-cita kita.
Bila kita bermimpi ketinggalan kapal, berarti kita mendapatan keinginan untuk tetap hidup. Tapi bila kita ketinggalan kendaraan yang biasa kita tumpangi untuk kegiatan sehari-hari seperti kerja atau sekolah, alamat itu berarti akan kehilangan sebuah kesempatan.



Tema 13 : Mimpi Diserang atau Dianiaya
Mimpi yang begene termasuk “nightmare”. Dan artinya? Kita sedang merasa tidak percaya diri, merasa lemah, merasa kurang segala-galanya. Bila yang menyiksa kita adalah binatang atau monster bisa jadi kita sedang kebingungan terhadap suatu hal atau masalah.





Tema 14 : Mimpi Dikejar atau Mengejar
Entah itu dikejar penjahat, dikejar anjing gila, atau orang gila.. Maknanya adalah kita sdang menghindari suatu masalah yang seharusnya bisa diselesaikan. Freud menjelaskan juga bahwa sebaiknya bila kita mimpi dikejar, kita harus menghadapi pengejar tersebut. Atau bila bisa di ajak ngomong, kita tanyakan apa kemauan mereka. Karena bila mereka menjawab sesuatu, biasanya itu kunci pemecahan dari masalah yang kita hadapi. Yahh.. walaupun mau menghadapinya itu rasaya berat banget, tapi coba dhe..


Tema 15 : Monster, Setan dan Mahluk Mitos
Ternyata mahluk menyeramkan di mimpi kita ini merupakan symbol dari sisi kepribadian kita. Karakter yang mereka miliki merupakan bagian dari karakter kita yang biasanya kita tutupi dari orang lain. Ini adalah kesempatan untuk merevaluasi diri.






Tema 16 : Mimpi berada di suatu tempat asing
Tempat ini mewakili keadaan emosional kita terhadap suatu keadaan. Keadaannya bisa baik atau bisa juga buruk. Lingkungan yang buruk (bisa juga bencana) mendeskripsikan perasaan bersalah kita terhadap sesuatu. Bila mimpi berada di dapur ini berarti kita harus memperhatikan keadaan keluarga kita. Bila mimpi di ruang tamu atau ruang keluarga berarti peringatan agar kita jangan munafik. Kamar mandi mengidentifikasikan kita harus membersihkan kesucian hati kita (kadang2 bisa juga berarti kita ingin buang air..).

Tema 17 :  Mimpi Motor atau Mobil Mogok atau mesin lain yang rusak seperti AC mati, TV mati dsb
Mimpi ini biasanya dihubungkan dengan penyakit. Hati-hati bila kita bermimpi mobil kita mogok saat melakukan perjalanan ini bisa berarti kita harus menjaga kesehatan agar umur kita tidak diperpendek oleh penyakit yang kita tidak sadari. (Hati-hati bagi perokok, para  pemakai obat penenang atau yang pola makannya kurang baik). Bila bermimpi alat komunikasi russak, ini berarti kita harus memperhatikan hubungan dengan keluarga dan orang sekitar kita.



Tema 18 : Mimpi Berenang atau tentang Air
Hm.. Mimpi ini termasuk mimpi yang paling sering dialami. Kadang kita berenang di kolam, atau berlayar. Menurut Freud kondisi air merefleksikan kondisi psikologis si pemimpi. Bila kita mimpi ombak bergejolak, ini berarti kedaan mental kita juga sedang bergejolak. Namun bila kita bermimpi berada di air temang, atau terapung di atasnya ini merefleksikan  kita terhadap memori kebahagiaan kita ketika berada di rahim ibu kandung kita. Dimana hal tersebut pernah kita alami di “alam bawah sadar” kita. Dan selain itu air dalam mimpi juga bisa berarti emosi seseorang, apakah sedang tenang atau bergejolak amarahnya… bila kita bermimpi banjir, maka ini bermakna akan ada kesulitan menimpa kita.

Tema 19 : Mimpi ke kamar Mandi
Ini juga sering dialami, khususnya anak keil. Biasanya mimpi ini bermakna “ingin buang air”. Dan bila kita bermimpi kesulitan membuka pintu kamar mandi ini merupakan perwakilan dari perasaan frustasi terhadap sesuatu. Bila kita bermimpi membuang kotoran, urine berarti kotoran emosional yang menunjukkan bahwa seseorang berkeinginan mencuci diri dari kotoran emosional berupa dendam, emosi. Feses berarti sebuah perasaan malu. Freud menyarankan bila kita masih bisa mengendalikan mimpi, maka harus di buang saja kotoran itu.
Lha, tapi kalo mimpinya itu emang bener2 mau ke belakang piye? Ditambahkan juga bahwa ketika hal itu terjadi sebelumnya tubuh pasti akan bereaksi dan kita segera menyadarinya bila memang benar mau ke belakang. Ooohh.. Begitu tho penjelasannya..


Tema 20 : Tersesat
Kadang kita tersesat di dalam hutan. Tapi bisa juga tersesat di tengah kota yang asing, atau yang paling mengenaskan di padang pasir.. (Hayah kono wkwkwkwk..). Mimpi tersesat mewakili perasaan rendah diri, pencarian jati diri atau perasaan bingung dalam mengambil suatu keputusan.. Biasanya dalam mimpi ini akan memberikan petunjuk kepada kita, kita ingat dimana awalnya tersesat, dan biasanya itu adalah klu atas keputusan kita nanti. Kalo mimpi kehilangan suatu barang berarti itu peringatan kepada kita agar jangan kehilangan kendali atas diri kita.


Tema 21 : Mimpi tentang seks
Untuk mimpi yang ini agak universal. Karena ini bisa secara simbolik atau eksplisit. Seseorang yang seddang akil balik bisa bermimpi berhubungan seks dengan seseorang. Namun bila itu bukanlah mimpi akil balik, apakah maknanya?  Menurut freud bermimpi mlakukan hubungan dengan seseorang itu berarti fikiran kita sedang tidak melakukan pekerjaannya dengan benar dan terarah. Mimpi berhubungan dengan seseorang yang terkenal berarti kondisi ego si pemimpi dimana dia berusaha sedang menyatu dengan bagian dirinya yang dibesar-besarkan. Sifat dari orang terkenal tersebut adalah klu dari bagian diri mana yang sedang dibual-bualkan.



Tema 22 : Mimpi diperkosa atau mengalami pelecehan
Gak enak banget kalo mimpi yang begini paastinya. Tapi tahukah anda bahwa maknanya ternyata mimpi ini berhubungan dengan kematian diri dan pengejaran atau penyerangan terhadap diri atau karakter-karakter lain dalam mimpi. Ini biasanya merupakan peringatan untuk lebih waspada terhadap orang sekitar yang bisa saja ada yang ingin menyingkirkan kita.




Tema 23 : Mimpi Menangis, Marah-Marah, Bahagia, Merasa tenang dsb
Hehehe… Mimpi yang begini sering saya alami.. Saya menangis tersedu-sedu karena suatu hal.. Biasanya mimpi ini terbawa sampai pada bangun.. Kita seakan masih berada dalam situasi tersebut.  Yang nangis biasanya air mata juga membanjiri pas udah bangun.. wkwkwk..
Mimpi ini bermakna jika kita sering bermimpi menangis, maka sepanjang jalan kehidupan kita akan banyak diwarnai dengan air mata. Begitu pula yang lain bahagia, ketenangan jiwa dan sebagainya. Menurut Don Kuikon seorang peneliti asal Kanada mengungkapkan bahwa emosi dalam kehidupan nyata bisa di bawa kea lam mimpi. Oleh karena itu jangan marah-marah sebelum tidur.. Karena akan terbawa mimpi dan sampai kepada jalan hidup anda nantinya.

Yah, demikianlah paparan dari saya.. buset, ampek keribo ni jari, hihihi… Semoga bermanfaat bagi kita semua ya..
Salam,
Sisca

Kata kunci yang berhubungan dengan artikel ini:
Arti Mimpi, Memahami Makna Mimpi, Mimpi Buruk, Mimpi indah

10 komentar:

Indah Love SNSD mengatakan...

blog nya bgus

Muhammad Adam Hussein mengatakan...

bagus ulasannya, kalau boleh tau sumbernya darimana aja Mas?

aku dan diriku mengatakan...

abis mimpi dikejer mau diperkosa, langsung googling, ktemu blog ini, pas banget, mengartikan mimpi2 slama ini,,,

bella laurya mengatakan...

kalau mimpi melihat diri sendiri merasa cantik apa yah artinya??

bella laurya mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
rensaynaris mengatakan...

bener g sih???

rensaynaris mengatakan...

bener g sih???

rensaynaris mengatakan...

bener g sih???

Fithrida Yuliati.R mengatakan...

Iya nih aku juga td malem mimpi mau di perkosa, untung aja ada yg liat. Langsung gk jadi. Tenang dalam mimpi. Tp gk tenang dalam dunia nyata karna kebayang-bayang trus. Abis cowoknya temen sekelas sendiri. Ngeliat dia jd bawaanya merinding.

SUGIONO NUSANTARA JAYA mengatakan...

ARTIKELNYA BAGUS BANGET GAN ... POSTINGNYA DITAMBAH LAGI DONK GAN ... MAKASIH YA GAN... OIYA YANG PENGEN BACA BACA ARTIKEL UNIK DAN FOTO FOTO GOKIL .... TINGGAL KLIK SALAH SATU..

---->> BRA PALING UNIK DI DUNIA
---->> FOTO - FOTO KEJADIAN LUCU
---->> KOLEKSI FOTO HOT LUNA MAYA GA PORNO
---->> FOTO PESAWAT TERCEPAT DI DUNIA
---->> ARTIKEL CARA2 MENINGKATKAN LIBIDO
---->> CARA BERCIUMAN YANG BENAR
---->> 10 KEBIASAN PRIA YANG DIBENCI WANITA
---->> FOTO FOTO ARTIS CANTIK HOLYWOOD

TRIMA KASIH AGAN... SALAM SUKSES AJA BUAT AGAN BLOG YA.....
SMOGA BLOGNYA TAMBAH RAMAI PENGUNJUNGNYA...

---------->>>> TRIMS YA Gan .....

Poskan Komentar

Please Comment Here

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...